Kamis, 13 Juni 2013


Cara memasang kabel UTP tipe straight


1. Kabel utp (unshielded twisted pair)
Kabel utp yang biasa dipakai adalah kabel utp categori 5 (utp cat 5). Kenapa? Karena kabel utp cat-5 support transfer data hingga 100 mbps. Kabel ini terdiri atas 8 kecil yang mempunyai warna berbeda-beda. Warna kabel tersebut adalah orange, orange putih, biru, biru putih, hijau, hijau putih, coklat, dan coklat putih.




2. RJ-45 

Jack ini mirip dengan jack telepon rumah. Cuma ukurannya yang lebih besar. Jack RJ-45 terdiri dari 8 pin, sesuai dengan jumlah kabel UTP.

3. Crimping Tools atau Tang Crimping

Hardware yang satu ini mirip dengan tang. Namun, fungsinya tidak seperti tang pada umumnya. Crimping tool ini berguna untuk menjepitkan kabel pada Jack RJ-45

4. LAN Tester

Baik sekarang saya akan bahas cara pemasangannya. Yang pertama adalah cara memasang kabel UTP tipe straight. Untuk itu, lakukan langkah-langkah berikut:
·         Kupas kulit kabel dengan ukuran sekitar 1 Cm dengan tang Crimping lalu potong dan ratakan ujungnya
·         Urutkan warna kabel sesuai dengan jenis kabel Stright, seperti di bawah ini:
Untuk ujung kabel pertama dan kedua untuk susunan warna kabel disamakan.

Untuk ujung kabel pertama susunan warnanya seperti berikut ini:
1.      Orange-putih
2.      Orange
3.      Hijau-putih
4.      Biru
5.      Biru-putih
6.      Hijau
7.      Coklat-putih
8.      Coklat
            Untuk ujung kabel kedua susunan warnanya seperti berikut ini:
1.      Orange-putih
2.      Orange
3.      Hijau-putih
4.      Biru
5.      Biru-putih
6.      Hijau
7.      Coklat-putih
8.      Coklat
·        
Setelah semua ujung kabel disusun sesuai urutan warna di atas (Stright)  maka langkah selanjutnya kita akan memasukkan semua ujung kabel pada konektor/RJ-45 seperti gambar di bawah ini:



Langkah selanjutnya kita akan menjepit ujung kabel yang kita masukkan tadi pada RJ-45 agar kabel tidak terlepas.  Caranya anda masukkan RJ-45 kedalam Tang Crimping yang sudah tersedia, sebelum anda menekan Tang Crimping anda harus yakinkan bahwa semua ujung kabel sudah pada posisi Pin masing-masing dan susunan warna  tidak ada yang berubah sesuai dengan ketentuan stright serta semua ujung kabel harus rata dengan cara mendorong sekuatnya pada Konektor/RJ-45.

Setelah anda yakin bahwa susunan kabel sudah pada posisi pin masing-masing dan telah tersusun dengan rata maka saatnya anda menjepit Konektor sampai kuat dan dipastikan tidak akan terlepas lagi dengan kabel UTP yang kita masukkan

Selanjutnya setelah kita selesai menjepit konektor yang sudah terpasang dengan kabel UTP dari kedua ujung kabel tadi maka kita akan melakukan Tes apakah kabel yang sudah terpasang pada Konektor/RJ-45 sudah terpasang dengan baik dengan menggunakan LAN Tester. Cara memastikan bahwa pemasangan kabel yang kita lakukan tadi apakah benar atau tidak, maka perhatikan cara berikut ini:

Perhatikan lampu yang menyala pada LAN Tester dengan urutan Angka

1        ke  1
2        ke  2
3        ke  3
4        ke  4
5        ke  5
6        ke  6
7        ke  7
8        ke  8



Setelah susunan sudah seperti di atas maka pemasangan kabel Type Stright yang anda lakukan telah berhasil dengan sempurna.

Selamat mencoba dan semoga sukses…………………….
Husni Kaimuddin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar