Kamis, 27 Juni 2013

Arti Dari Kosmetik dan Tips Memilih Kosmetik Yang Aman


seluruh pigura Arti Dari Kosmetik dan Tips Memilih Kosmetik Yang Aman
Namun kini, tidak sedikit kosmetik  palsu beredar luas  di pasaran, terutama kosmetik yang mengandung bahan-bahan atau materi kimia yang berbahaya bagi tubuh. Kaum  perempuan yang nyaris tak bisa meninggalkan ketergantungannya pada alat-alat kosmetik harus cerdas memilih dan menentukan jenis kosmetik yang cocok serta aman bagi dirinya. Iklan kosmetik yang seringkali ditampilkan di berbagai  media cetak maupun elektronik cenderung menampilkan kecantikan dan/atau ketampanan seorang artis atau model produk kosmetik tertentu, serta menawarkan sesuatu yang menggiurkan sehingga konsumen tertarik untuk membelinya. Namun, belum tentu produk tersebut cocok dan aman bagi kulit tubuh anda.
Memilih  hanya berdasarkan informasi iklan atau trend merupakan suatu tindakan yang tidak objektif. Anda harus lebih jeli dalam memilih kosmetik yang aman bagi tubuh anda secara keseluruhan sehingga terhindar dari efek samping yang merugikan. Kosmetik yang aman tidak mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh sehingga meminimalisir timbulnya efek samping merugikan bagi kulit maupun tubuh.

Berikut ini tips dari saya dalam mengidentifikasi aman atau tidaknya suatu produk . Ada  lima langkah cerdas memilih kosmetik yang aman yaitu dengan metode KLIKK (Kemasan, Label, Izin, Kegunaan, dan Kedaluwarsa). Pengertian Kosmetik yang Aman meliputi :
Kemasan
  1. Kenalilah kemasan suatu produk kosmetik dengan baik.
  2. Jangan membeli produk kosmetik dengan kemasan atau segel yang rusak atau jelek.
  3. Cermati dan telitilah kemasan atau wadah kosmetik yang akan anda beli, baik penampilan fisik (segel rusak atau tidak) maupun isinya.
  4. Produk yang masih baik memiliki bentuk dan warna yang merata, stabil serta tidak terdapat bercak kotoran.

Label
Pastikan label tercantum jelas dan lengkap. Setiap kosmetik wajib mencantumkan penandaan/label yang benar, meliputi :
  1. Nama produk
  2. Nomor izin edar
  3. Nomor badge/kode produksi
  4. Nama dan alamat produsen/importir/distributor
  5. Netto dan komposisi bahan
  6. Batas kedaluwarsa (expiration date)
Kegunaan
Suatu produk kosmetik yang aman pasti mencantumkan keguanaan dan cara penggunaannya secara singkat dan eksplisit sehingga memudahkan pengguna dalam proses pemakaian. Biasanya, produk kosmetik yang telah memiliki izin dari Badan POM, mencantumkan informasi yang lengkap dalam Bahasa Indonesia, kecuali untuk produk kosmetik tertentu yang sudah jelas cara penggunaannya.
Izin Edar
  1. Lihatlah apakah kosmetik yang anda beli tersebut sudah memiliki Nomor Izin Edar dari Badan POM
  2. Setiap kosmetik yang akan diedarkan wajib memiliki Nomor Izin Edar dari Badan POM
Kedaluwarsa
Pilihlah kosmetik yang sesuai kebutuhan Anda dan bukan karena iklan semata. Bacalah terlebih dahulu kegunaan dan cara penggunaan yang tercantum pada label (untuk produk yang belum jelas cara penggunaannya). Kosmetik dengan kestabilan kurang dari 30 bulan wajib mencantumkan batas kedaluwarsa (minimal dalam bulan dan tahun). Kosmetik dengan kestabilan lebih dari 30 bulan boleh tidak mencantumkan batas kedaluwarsa (expiration date). Untuk mengetahui suatu kosmetik telah terdaftar atau belum, anda dapat melihatnya di website Badan POM dengan alamat www.pom.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar